Senin, 27 November 2017

Tugas 2 | Analisis Jurnal Aplikasi Pencarian Rumah Makan berbasis GPS pada perangkat Mobile Android

Analisis : 

            Kali ini saya diberikan tugas menganalisis jurnal oleh dosen saya. Saya memilih jurnal aplikasi pencarian rumah makan berbasis gps pada perangkat mobile android. Paper ini membahas tentang sebuah Aplikasi Pencarian Rumah Makan Berbasis Gps Pada Perangkat Mobile Android. Di Indonesia sendiri pertumbuhan pengguna smartphone sangatlah pesat. Diperkirakan 2016 terdapat dua miliar pengguna smartphone aktif di dunia maupun di Indonesia. Dalam perangkat smartphone khususnya yang berbasis android,hampir semua smartphone tersedia GPS yang sudah dimasukkan ke dalam hardware sejak awal.  Dari hasil kuesioner dengan jumlah responden 250 orang, sebanyak 61 persen responden menyatakan memiliki perangkat mobile berbasis android, 91 persen yang memiliki perangkat android menyatakan sering menggunakan aplikasi android dan 65 persen menyatakan bahwa aplikasi berbasis GPS untuk menentukan lokasi berdasarkan letak pengguna memiliki kegunaan yang dapat dimanfaatkan dalam aktifitas sehari-hari, 80 persen menyatakan kesulitan  mencari rumah makan yang pas untuk dikunjungi ketika pengguna adalah pendatang di daerah tempat pengguna berada dan 75 persen menyatakan bahwa tertarik menggunakan aplikasi pencarian rumah makan terdekat dari posisi mereka menggunakan perangkat mobile berbasis android. Dan saat ini pengguna android di Indonesia terus bertambah dan bias dibilang sudah menjadi mayoritas disbanding platform lain, serta pengguna android tersebut memiliki ketertarikan terhadap aplikasi pencarian rumah makan.
             Maka dari hasil kuesioner tersebut maka dapat diambil gambaran secara garis besar bahwa masyarakat membutuhkan aplikasi yang membantu mereka untuk mencari lokasi berdasarkan posisi mereka saat ini, terutama ketika saat bepergian ke suatu tempat wisata atau tempat yang tidak bias dikunjungi. Penelitian ini akan memfokuskan bagaimana mengoptimalkan system perangkat GPS dalam perangkat mobile adroid untuk digunakan dalam pencarian rumah makan terdekat dengan fitur yang lebih lengkap dan memiliki fasilitas integrasi dengan website sebagai back end untuk mendukung aplikasi front end.
             II. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain :
METODE ANALISIS
Analisis Data (Kuisoner)
Analisis Aplikasi Sejenis



 METODE PERANCANGAN(WATERFALL)
 Menurut Pressman, ada lima waterfall yaitu :
 -Communication : langkah awal peracangan system dengan mencari apa saja yang diperlukan       untuk aplikasi yang dikembangkan.   
-Planning : melakukan estimasi, menjadwalkan lamanya pekerjaan dan tracking.
-Modeling: menganalisis dan membuat rancangan yang menggambarkan komponen-komponen penting dalam system.
-Construction: rancangan yang sudah dibuat dikonversikan kedalamprogram code dan melakukan testing.
-Deployment : membuat kemasan yang baik untuk aplikasi serta mencatat feedback yang diberikan pengguna.

             Spesifikasi yang disarankan untuk menjalakan aplikasi pencari lokasi tempat makan ini yaitu Prosesor 1GHz,Kapasitas Random Acces Memory (RAM) 768MB,Jaringan data selular koneksi HSDPA,Sensor Global Position System (GPS). Serta Kapasitas Memory Internal storage data ke client 10MB. Tampilan layar ini akan bertahan selama dua detik lalu akan pindah ke tampilan halaman home.pada halaman home terdapat 3 menu utama yaitu menu Help,Show nearest Restaurant, dan menu search.ketika pengguna memilih tombol show palces on map, maka aplikasi akan menampilkan peta dari tempat makan yang terdekat.
IV.KESIMPULANNYA
         Berdasarkan analisis terhadap hasil evaluasi, maka dapat diambil kesimpulannya bahwa aplikasi Nomnomfood memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan aplikasi lain yang sejenis dengan adanya pencarian tempat makan berdasarkan nama,tipe,rasa, dan harga makanan.
       
 Berdasarkan simpulan dan saran yang didapat, beberapa saran yang dipertimbangkan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya yaitu menambahkan fitur baru yang juga sudah banyak dikembangkan pada aplikasi dalam perangkat mobile lain seperti implementasi augmented reality,penambahan fitur GPS off dalam melakukan pencarian tempat makan dan dikembangkan pada system operasi selain Android, seperti Blackberry dan Iphone OS (Ios)
            Kali ini saya diberikan tugas menganalisis jurnal oleh dosen saya. Saya memilih jurnal aplikasi pencarian rumah makan berbasis gps pada perangkat mobile android. Paper ini membahas tentang sebuah Aplikasi Pencarian Rumah Makan Berbasis Gps Pada Perangkat Mobile Android. Di Indonesia sendiri pertumbuhan pengguna smartphone sangatlah pesat. Diperkirakan 2016 terdapat dua miliar pengguna smartphone aktif di dunia maupun di Indonesia. Dalam perangkat smartphone khususnya yang berbasis android,hampir semua smartphone tersedia GPS yang sudah dimasukkan ke dalam hardware sejak awal.  Dari hasil kuesioner dengan jumlah responden 250 orang, sebanyak 61 persen responden menyatakan memiliki perangkat mobile berbasis android, 91 persen yang memiliki perangkat android menyatakan sering menggunakan aplikasi android dan 65 persen menyatakan bahwa aplikasi berbasis GPS untuk menentukan lokasi berdasarkan letak pengguna memiliki kegunaan yang dapat dimanfaatkan dalam aktifitas sehari-hari, 80 persen menyatakan kesulitan  mencari rumah makan yang pas untuk dikunjungi ketika pengguna adalah pendatang di daerah tempat pengguna berada dan 75 persen menyatakan bahwa tertarik menggunakan aplikasi pencarian rumah makan terdekat dari posisi mereka menggunakan perangkat mobile berbasis android. Dan saat ini pengguna android di Indonesia terus bertambah dan bias dibilang sudah menjadi mayoritas disbanding platform lain, serta pengguna android tersebut memiliki ketertarikan terhadap aplikasi pencarian rumah makan.
             Maka dari hasil kuesioner tersebut maka dapat diambil gambaran secara garis besar bahwa masyarakat membutuhkan aplikasi yang membantu mereka untuk mencari lokasi berdasarkan posisi mereka saat ini, terutama ketika saat bepergian ke suatu tempat wisata atau tempat yang tidak bias dikunjungi. Penelitian ini akan memfokuskan bagaimana mengoptimalkan system perangkat GPS dalam perangkat mobile adroid untuk digunakan dalam pencarian rumah makan terdekat dengan fitur yang lebih lengkap dan memiliki fasilitas integrasi dengan website sebagai back end untuk mendukung aplikasi front end.
             II. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain :
METODE ANALISIS
Analisis Data (Kuisoner)
Analisis Aplikasi Sejenis



 METODE PERANCANGAN(WATERFALL)
 Menurut Pressman, ada lima waterfall yaitu :
 -Communication : langkah awal peracangan system dengan mencari apa saja yang diperlukan       untuk aplikasi yang dikembangkan.   
-Planning : melakukan estimasi, menjadwalkan lamanya pekerjaan dan tracking.
-Modeling: menganalisis dan membuat rancangan yang menggambarkan komponen-komponen penting dalam system.
-Construction: rancangan yang sudah dibuat dikonversikan kedalamprogram code dan melakukan testing.
-Deployment : membuat kemasan yang baik untuk aplikasi serta mencatat feedback yang diberikan pengguna.

             Spesifikasi yang disarankan untuk menjalakan aplikasi pencari lokasi tempat makan ini yaitu Prosesor 1GHz,Kapasitas Random Acces Memory (RAM) 768MB,Jaringan data selular koneksi HSDPA,Sensor Global Position System (GPS). Serta Kapasitas Memory Internal storage data ke client 10MB. Tampilan layar ini akan bertahan selama dua detik lalu akan pindah ke tampilan halaman home.pada halaman home terdapat 3 menu utama yaitu menu Help,Show nearest Restaurant, dan menu search.ketika pengguna memilih tombol show palces on map, maka aplikasi akan menampilkan peta dari tempat makan yang terdekat.
IV.KESIMPULANNYA
         Berdasarkan analisis terhadap hasil evaluasi, maka dapat diambil kesimpulannya bahwa aplikasi Nomnomfood memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan aplikasi lain yang sejenis dengan adanya pencarian tempat makan berdasarkan nama,tipe,rasa, dan harga makanan.
       
 Berdasarkan simpulan dan saran yang didapat, beberapa saran yang dipertimbangkan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya yaitu menambahkan fitur baru yang juga sudah banyak dikembangkan pada aplikasi dalam perangkat mobile lain seperti implementasi augmented reality,penambahan fitur GPS off dalam melakukan pencarian tempat makan dan dikembangkan pada system operasi selain Android, seperti Blackberry dan Iphone OS (Ios)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar